Kita Dipaksa Beradaptasi

May 14, 2017 § Leave a comment

Kata orang, dunia pasti berubah. Dan malam ini saya melihat pertigaan yang biasa dipenuhi jejeran tukang becak, diisi oleh jejeran abang ojek online.

***

Ratusan tahun lalu, ketika kereta api pertama kali diperkenalkan di Inggris. Banyak masyarakat pada waktu itu mengganggap kendaraan revolusioner ini sebagai “Kereta Setan”. Entah kenapa, mungkin karena waktu itu warna dominan kereta adalah warna hitam dengan asap yang mengepul dan hitam pula. Pun juga karena Kereta-kereta kuda yang mendominasi moda transportasi perpindahan barang darat pada waktu itu perlahan tergusur. Dominasi mereka pada akhirnya makin tergeser setelah muncul kereta tanpa kuda lainnya, mobil.

Perang sepert ini juga terjadi di laut. Kapal-kapal bertenaga angin perlahan tergusur oleh kapal-kapal bertenaga uap. Selain karena lebih “reliable” karena tidak perlu lagi bergantung kemana arah angin berhembus, kapal uap juga lebih bertenaga.

Bayangan “kiamat” kecil karena banyaknya manusia yang akan kehilangan pekerjaan sudah di depan mata. Tentu saja itu tidak sepenuhnya terjadi, bahkan pada akhirnya tranportasi-transportasi tersebut menjadi salah satu icon pesatnya perkembangan ekonomi.

***

Pada akhirnya, manusia-manusia tanpa terkecuali memang dipaksa harus beradaptasi.

ADAPT OR DIE.

Advertisements

Tagged: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Kita Dipaksa Beradaptasi at Sumo Aji.

meta

%d bloggers like this: