Dongeng tentang Indonesia?

April 27, 2017 § Leave a comment

“Jika ini dongeng, berarti dia tidak lagi ada”, Indonesia 2017

Dahulu kala ada sebuah negeri bernama Indonesia. Tanahnya subur menghasilkan beragam hasil bumi yang dicari banyak orang. Kudengar bahkan ada pedagang yang rela datang dari negeri nun jauh di sebelah barat sana. Lautnya? Hmm, tenang. Begitu tenang hingga kau tak perlu khawatir perahumu dirajam ombak. Ah semuanya bagai surga, apalagi jika kau sempat tengok senyum gadis-gadisnya, aduhai manisnya. Tak menjadi soal lagi apakah surga itu nanti ada setelah mati.

Coba kau lihat di peta. Perhatikan betapa luas wilayahnya. Kau ini terbang 3 jam di Eropa sana sudah berkali-kali kau lintasi garis batas, tapi disana di negeri itu, 3 jam kau terbang masih saja kau disana. Alamak luasnya! Butuh berapa tahun kau habiskan untuk coba mengunjungi setiap pulau yang ada? Butuh berapa generasi kau lihat untuk mempelajari setiap bahasa daerahnya?

Nah coba kau perhatikan itu juga. Itu disana di ujung barat. Ribuan orang setiap harinya memenuhi masjid-masjid mengumandangkan nama-Nya. Kau geser ke tengah ada sekumpulan orang berlutut menghadap salib. Kau geser ke selatan, kau lihat anak-anak berlari riang disekitar Pura sementara sang ibu menaruh sesajen dan menghatur sembah juga kepada-Nya. Kau geser kemanapun, kau akan lihat sesuatu yang berbeda.

Kau tanya kenapa mereka bisa hidup bersama? Belanda nak, Belanda! Karena Belanda-lah mereka merasa senasib dan sepenanggungan. Pernah hidup dalam masa penjajahan kolonial yang menyesakkan itu. Saat-saat dimana konon katanya derajat mereka tidak lebih dari anjing-anjing peliharaan tuan penguasa tanah.

Tapi Belanda sudah pergi. Mereka menang. Lalu, apalagi alasan mereka bersama?

Mungkin mereka bosan dengan tawa hingga hendak menukarnya dengan caci. Atau mungkin mereka tidak ingin lagi ada yang berbeda, harus sama, jika tidak sama maka neraka jawabnya.

Duh Gusti, jika memang itu yang seharusnya kenapa tidak dari awal Kau ciptakan segala sesuatunya sama?

Advertisements

Tagged: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Dongeng tentang Indonesia? at Sumo Aji.

meta

%d bloggers like this: