Pekerjaan Roh Kudus

November 15, 2016 § Leave a comment

“Duh, sudah berapa kali motor ini bikin perkara. Kemarin bocor ban belakang, sekarang bocor ban depan!”, Begitu keluhku pada suatu hari. Dengan gontai kudorong motor ini perlahan ke tukang tambal ban di dekat rumah. “Alon-alon waton kelakon“, Ungkapku mantab.

Sesampainya di tempat tujuan, ada 3 orang sedang berdiskusi seru. Nampaknya salah seorang dari mereka kecewa dengan seseorang entah siapa. “Dia membawa-bawa roh kudus untuk masalah yang sebenarnya bisa dia selesaikan dengan akal. Kita kan manusia juga diberi akal. Gw juga bisa bilang kalau gw dikasih tau sama Roh Kudus”, Bagian ini santer terdengar dari kejauhan.

“Permisi pak. Tambal ban bisa?”, Aku bertanya kepada mereka. Berharap salah satunya menjawab.

“Oh, bisa dek”.

Si bapak dengan sigap mulai bekerja. Diambilnya peralatan. Dipindahkannya posisi motor. Diangkatnya ban. Kemudian diperiksanya seksama ban motorku. Sambil melanjutkan diskusi soal “roh kudus” tadi.

Agaknya diskusi ini mulai mengganggu. Si bapak berkali-kali menghentikan pekerjaan untuk menimpali pembicaraan seru mereka. Aku mulai meradang, “Maaf pak, roh kudus ini, bisa jadi, kalau dia memang ada, masih akan ada ribuan tahun lagi tetapi saya dan motor saya bisa jadi hilang di 15 menit berikutnya. Bisakah diselesaikan dulu pekerjaan bapak baru kemudian melanjutkan obrolan bapak kembali?”

“Eh, iya dek. Maaf!”, Balasnya terkaget.

10 menit kemudian si bapak memberi tahu jikalau ternyata setelah diperiksa tidak ada masalah ditemukan. Bannya tidak bocor. “Ga mungkin pak, saya yakin betul bannya bocor”, Timpalku.

“Pekerjaan Roh Kudus!”, Jawab mereka bertiga serempak.

Aku pulang mengendarai motorku. Teringat 12 Ribu Rupiah berpindah tempat dari dompet ke tangan si Bapak. “Cukup murah untuk pekerjaan Roh Kudus”, Gumamku.

 

Tagged: , ,

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Pekerjaan Roh Kudus at Sumo Aji.

meta

