Ayo Dek, Kita Selesaikan di Kamar.

July 24, 2016 § Leave a comment

“Kapanpun kita ada masalah, masuklah ke kamar.  Berdua saja. Aku harap Tuhan pun tidak menguping pembicaraan kita”, Bekasi.

Bagaimana meniadakan konflik rumah tangga? Jelas ini momok buat kami-kami yang berpikir (terlalu) banyak. Bagaimana mungkin dua orang beda latar belakang kemudian tiba-tiba disatukan di bawah satu atap, seumur hidup pula, tidak berkonflik. Wong sama adik kandung sendiri saja pasti bertikai apalagi ini, dengan makhluk Tuhan satu ini. Lawan jenis.

Agaknya saya sulit sekali mengingat kapan terakhir kali saya dan adik-adik melihat bapak dan ibu bertengkar di depan kami. Entahlah, apa memang ingatan saya yang lemah atau memang kedua orang tua saya ini memang tidak pernah bertengkar. Tapi… Ah mana mungkin. Tidak mungkin sepasang manusia ini tidak pernah bertengkar seumur rumah tangga mereka. Tidak mungkin.

Saya menduga mereka bersembunyi. Mencoba menutupi pertikaian diantara kedua ketika itu terjadi. Saya yakin.

“Ibu dan bapak sebisa mungkin tidak bertengkar di depan kamu mas, di depan anak-anak Ibu”, Kata ibu suatu hari. Saya manggut-manggut. Dugaan saya ternyata benar.

Saya pribadi sangat tidak suka bertikai di depan umum apalagi jika itu menyangkut hal pribadi. Selama hampir setahun pernikahan kami, beberapa kali memang kami beradu argumen, biasa. Jika ada sesuatu hal sangat serius biasanya salah satu dari kami secara sadar diri lebih dahulu masuk ke dalam kamar. Saya atau dia mengikuti, mengunci pintu dan memulai pembicaraan. Berdua saja.

“Ayo dek, masuk kamar. Kita bicarakan ini baik-baik. Hanya kamu dan mas”.

“Tapi belum ada anak-anak mas. Dari siapa kita harus sembunyi?”.

“Oia, mas lupa”. Dan, akhirnya kita tertawa bersama. Dramanya ga jadi hahaha.

Agaknya cinta di dalam rumah tangga memang tidak bisa sendiri. Butuh ditemani kemampuan menyelesaikan masalah dengan kepala dingin. Seperti bapak dan ibu.

Tagged: , , , ,

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Ayo Dek, Kita Selesaikan di Kamar. at Sumo Aji.

meta

