Kenapa Memiliki Harapan itu Penting?

October 10, 2014 § Leave a comment

Mengapa setiap orang harus memiliki harapan? Harapan adalah sebuah kata yang dapat langsung membangkitkan perasaan yang mendalam bagi siapapun yang mendengar ataupun membicarakannya. Ada banyak definisi dari harapan. Entah yang dihubungkan dengan kepercayaan diri maupun dapat berarti landasan untuk melakukan perubahan demi suatu perbaikan bagi pribadi dan sosial.

Jawaban sederhana dari pertanyaan di atas adalah karena harapan memiliki posisi yang sangat penting dalam setiap area kehidupan kita untuk menentukan masa depan kita. Ingatlah bahwa Anda tidak bisa maju dalam karir Anda tanpa harapan. Anda tidak dapat membangun suatu hubungan tanpa harapan untuk memenuhinya. Anda tidak dapat menemukan tujuan Anda dalam hidup tanpa harapan. Anda tidak akan pernah mencapai potensi penuh Anda tanpa harapan.

Harapan adalah Sumber Kehidupan

Tanpa harapan, kita akan dengan mudah menyerah dan memohon kematian lebih cepat dari seharusnya. Bukti mengesankan ini tidak hanya terjadi dalam fenomena manusia saja tetapi juga pada hewan. Sebuah penelitian menyatakan bahwa ketika hewan ditempatkan dalam situasi yang tidak menyenangkan atau menyakitkan, dan tidak diberi kesempatan untuk melarikan diri, pada akhirnya mereka akan mati secara perlahan karena kehilangan harapan untuk hidup dalam situasi tersebut. Namun pada kasus yang berbeda, jika hewan-hewan itu berada pada situasi tak berdaya, kemudian mereka diberi beberapa waktu untuk mengetahui bahwa ada upaya untuk membebaskan diri dari situasi yang berbahaya itu, maka hewan-hewan itu akan hidup lebih lama dan terus berusaha melepaskan diri dari situasi tidak menyenangkan itu.

Sesungguhnya mesin penggerak manusia adalah harapan. Hanya orang yang memiliki harapan yang mampu bertahan hidup dalam ujian yang ringan maupun berat. Hanya pemburu harta karun yang memiliki harapan menemukan sesuatu yang ia cari, akan menemukan harta karun itu. Hanya orang-orang yang memiliki harapan untuk perdamaian dan percaya bahwa mereka bisa menyumbangkan sesuatu untuk itu, akan menciptakan ketentraman. Hanya penjual yang memiliki harapan bahwa ia akan menemukan pelanggan untuk produknya, berhasil menjual produk-produknya. Hanya atlet yang memiliki harapan, yang akan menang untuk mendukung semua upaya latihannya selama ini. Hanya dia yang percaya bahwa ada solusi untuk masalah, yang akan mengambil upaya untuk menemukan solusi itu. Tanpa harapan, tidak akan ada kemajuan, kelangsungan hidup dan masa depan.

Optimislah

Dengan rasa optimis, rasa percaya diri, dan penuh harapan, membuat kita dapat menuai lebih banyak sisi positif daripada orang-orang yang hanya bersikap pesimis atau menertawakan harapan kita. Mimpi, harapan, dan visi akan memotivasi kita untuk menunjukkan pada orang-orang tersebut bahwa sesuatu yang tidak mungkin dapat menjadi mungkin.

Optimisme akan menegaskan harapan bahwa hal-hal berkembang sesuai dengan keinginan mereka. Mereka yakin bahwa mereka akan menemukan solusi untuk masalah-masalah yang mungkin timbul. Dan karena mereka percaya bahwa ada solusi untuk masalah yang muncul, maka solusi itu pun ditemukan.

Sedangkan pesimisme adalah bagian dari ketidakpercayaan diri untuk menemukan solusi untuk masalah mereka. Tentu saja pada awalnya tidak ada sikap pesimis. Tetapi dengan berjalannya waktu, sikap ini muncul akibat adanya pikiran dan keyakinan bahwa mustahil mencari sesuatu dari hal yang diyakini tidak ada. Artinya mereka tidak memiliki harapan.

Jangan takut untuk bermimpi tentang masa depan yang lebih baik. Jika Anda berhenti bermimpi, kita telah kehilangan semua harapan. Berpikir positif dan bermimpilah, karena benih untuk kehidupan yang lebih baik adalah dengan menanam. Sampai muncul benih dan berbuah, hal itu hanya membutuhkan waktu yang agak lama saja. Harapan selalu ada di setiap situasi apapun. Tidak pernah ada situasi yang tidak menawarkan harapan. Yang perlu kita lakukan adalah tidak putus asa.

 

Disadur dari  http://informasitips.com

Advertisements

Tagged: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Kenapa Memiliki Harapan itu Penting? at Sumo Aji.

meta

%d bloggers like this: