We Can Do This, Together!

July 7, 2014 § Leave a comment

“We can do this, together! (Kita bisa melakukan itu, bersama-sama!)”, 7 Juli 2014, Selatan Jakarta.

Dalam sebuah tim, dimana ada lebih dari satu kepala, kebersamaan adalah nomor satu. Kita bersama sukses atau kita bersama jatuh. Tidak ada hanya dia atau anda tapi kita, kita sebagai kesatuan. Ketika masih ada kata “saya”, “aku”, “kamu” lebih tinggi di antara kata “kita” dan “kami”, maka jangan harap terlalu banyak kelompok itu akan sukses. Kita meresikokan diri, mempercayai bahwa kamu dan saya bisa sukses bersama-sama.

Ada pepatah mengatakan, “Jika kamu ingin cepat, maka berjalanlah sendiri. Jika kamu ingin berjalan jauh, maka berjalanlah bersama-sama”. Pepatah ini sungguh menjadi ruh tujuan kenapa kesatuan itu ada dan mutlak diperlukan. Kita tidak sedang berjalan hanya sejam atau dua jam. Tidak sedang juga berjalan hanya untuk meraih satu tujuan. Ada jarak jauh harus ditempuh pun banyak tujuan perlu kita wujudkan bersama.

Ego diri sendiri adalah hal pertama yang harus dikorbankan. Mari kita merelakan ilusi yang tercipta dari kesenangan-kesenangan egosentris belaka. Mari kita ciptakan kenyataan, kenyataan bahwa (mungkin) takdir sudah mempertemukan kita. Karena kita ada dalam persaingan untuk memberikan yang terbaik, bukan mengambil yang paling banyak.

Apakah kita tercipta sebagai makhluk individual yang “dipaksakan” menjadi sebuah kesatuan? Mungkin. Tapi percayalah itu semua karena Dia tahu kita tidak bisa sendiri.

 

Advertisements

Tagged: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading We Can Do This, Together! at Sumo Aji.

meta

%d bloggers like this: