Memilih Calon Karyawan

June 10, 2014 § Leave a comment

Saya kondisikan ini seperti ketika seorang end-user hendak memilih orang baru di timnya. Kebetulan calon-calon ini (asumsikan saja calon ini berjumlah 2 orang) sudah melewati tahapan-tahapan yang sebelumnya diberikan oleh HRD. Ini kondisi final. Anda harus memilih salah satu dari dua orang ini untuk bergabung menjadi tim anda.

Kemudian anda mengajukan pertanyaan seperti ini, “Apa yang membuat saya harus menerima anda di tim saya, bertanggung jawab terhadap posisi yang akan saya berikan ke anda?”.

Si calon karyawan A dengan menggebu-gebu berkata, “Saya akan menjalankan kewajiban saya dengan baik. Saya akan melakukan apa saja untuk membuat tim bapak menjadi lebih baik dari sebelumnya. Saya akan membawa tim bapak menjadi tim terbaik, tersohor di depan manajemen. Saya sudah menunggu kesempatan ini begitu lama. Berikan kesempatan itu kepada saya sekarang, dan saya akan membuktikan itu semua”.

Giliran kemudian si calon karyawan B dengan malu-malu berkata, “Saya sebelumnya sudah pernah mengerjakan apa yang nantinya pekerjaan tersebut akan bapak berikan ke saya. Memang pekerjaan saya belum sempurna, masih butuh perbaikan sana-sini. Pekerjaan saya sebelumnya juga tidak sebesar tanggung jawab yang bapak tawarkan ini. Saya akan berusaha semampu saya agar saya bisa memberikan dampak kepada tim bapak. Jika bapak berikan kepercayaan ini kepada saya, saya akan mencoba memberikan yang terbaik”.

Jika anda menjadi menjadi si end-user tersebut, calon karyawan yang mana yang akan anda rekrut menjadi bagian dari tim anda?

Tagged: , , , ,

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Memilih Calon Karyawan at Sumo Aji.

meta

