Seharusnya Tidak Ada Area Abu-Abu

April 8, 2014 § Leave a comment

Suatu hari saya bertanya kepada seseorang, “Bapa, apakah membunuh itu berdosa?”. Kemudian beliau menjawab, “Tergantung anakku … “.

Sebelum beliau selesai menjawab pertanyaan tersebut, saya langsung menyergah, “Bagaimana mungkin suatu yang mutlak salah atau benar bisa digantungkan seperti itu? Bukankah itu berbahaya? Bukankah nantinya bisa masuk justifikasi manusia yang datangnya bukan dari ilahi?”

Beliau bertanya, “Apa maksudmu?”.

“Begini Bapa. Membunuh itu urusan masuk surga atau neraka (begitu katanya) berarti hal ini juga termasuk urusan mutlak benar atau salah dan baik atau buruk. Jika Bapa meng-gantungkan hal tersebut, maka kemudian akan ada celah bagi manusia untuk membenarkan perbuatannya ataupun menyalahkan perbuatan yang dianggap benar oleh orang lain. Maksud saya adalah tolong putuskan jawaban Bapa, apakah membunuh itu dosa atau tidak apapun alasan dibalik pembunuhan tersebut sehingga orang tidak lagi berlindung dibalik justifikasi mereka sendiri. Sehingga orang tidak lagi berharap ada kebenaran dibalik aksi mereka. Bagaimana mungkin Bapa bisa melihat manusia saling membunuh namun masih tetap berharap surga?”

Kami saling menatap. Membaca pikiran dari mata kami masing-masing. Kemudian kami tertawa bersama, “hahahahahahaha”.

Kami menyudahi hari itu dengan satu kesimpulan yang hanya kami berdua yang tahu. Tapi aku yakin, dari tatapan matanya, kesimpulan kami sama.

Advertisements

Tagged: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Seharusnya Tidak Ada Area Abu-Abu at Sumo Aji.

meta

%d bloggers like this: