“Know why” dan “Know how” dalam Pendidikan

January 21, 2014 § 1 Comment

Tulisan ini saya kutip dari bagian belakang sebuah buku berjudul “Pengantar Filsafat”, ditulis oleh Louis O. Kattsof.

Dewasa ini kita banyak mendengar tentang pendidikan yang bebas dan kebutuhan pandangan yang luas. Pada hakekatnya apakah yang tersangkut dalam hal ini? Sesungguhnya, banyak pendidikan dewasa ini didasarkan atas suatu pandangan dunia yang mengatakan bahwa pencarian nafkah merupakan kenaikan tertinggi.

Menghasilkan seorang ahli yang cakap, terlampau sering menjadi tujuan pendidikan yang hendak kita capai. Kita mendidik para ahli di bidang kedokteran untuk menjadikan diri kita lebih sehat, demikian pula di bidang-bidang lainnya. Tetapi sayang, kita cenderung lalai mendidik ahli-ahli yang dapat menjadikan kita lebih bijaksana. Tujuan pendidikan yang demikian ini menyebabkan ahli tersebut tidak dapat membuat kita menjadi lebih bijaksana. Mereka banyak dapat mengajarkan kepada kita “bagaimana cara berbuat” tetapi bukannya “mengapa berbuat demikian”.

Untuk mengetahui mengapa orang berbuat, seseorang perlu memperoleh pendidikan khusus yang dapat membekali analisa yang kritis dan kecakapan bersintesa dalam memberikan tanggapan-tanggapan. Tetapi disamping itu, “mengapa berbuat demikian” hanya dapat diperoleh melalui proses yang bertentangan dengan pendidikan keahlian yang memusatkan perhatian kepada hal-hal yang khusus. Proses tersebut ialah penyusunan suatu pandangan dunia berupa sintesa, yang menjadikan “mengapa berbuat” mengandung makna: suatu sintesa prinsip-prinsip yang paling utam di segala cabang pengetahuan.

Advertisements

Tagged: , , , , ,

§ One Response to “Know why” dan “Know how” dalam Pendidikan

  • Itulah dia pentingnya memilih sekolah yang bagus. Hanya ada sedikit sekolah yang mengerti dan mempraktekkan secara konsisten “why” and “how” dalam konteks yang Ki Sanak bicarakan. Saran saya kalau pilih sekolah : visi dan misi jelas serta berkurikulum IB (International Baccauleurate).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading “Know why” dan “Know how” dalam Pendidikan at Sumo Aji.

meta

%d bloggers like this: