Membangun Kepercayaan Diri

November 8, 2013 § 2 Comments

Saya termasuk orang yang percaya akan kekuatan kepercayaan diri. Jika anda percaya akan satu hal yang kamu yakin suatu saat akan anda dapatkan, anda akan dapat. Kepercayaan diri menurut saya adalah salah satu modal, bisa dibilang malah ini adalah pondasinya. Ibarat pepatah di dunia persilatan, “Keberanian tanpa keahlian itu bodoh tapi keahlian tanpa keberanian itu percuma, bagaikan pedang di dalam sarung”, nah seperti itulah. Kepercayaan diri tanpa keahlian itu bodoh tetapi keahlian tanpa kepercayaan diri itu percuma. Siapa yang bisa anda percayai kalau dengan diri sendiri saja anda tidak percaya kalau anda bisa?

Kalau memang kepercayaan diri itu adalah pondasi berarti sudah jelas kan mana yang harus kita bangun lebih dulu. Banyak orang dulu meminta saya belajar ini itu, banyak hal tetapi entah kenapa waktu itu ada perasaan kosong. Saya sendiri tidak percaya kalau saya bisa melakukan hal-hal yang mereka minta, yang mereka sarankan. Akhirnya, saya putuskan saya harus membangun pondasi terlebih dahulu baru kemudian mendirikan tembok diatasnya. Saya putuskan saya harus membangun kepercayaan diri sebagai dasar segalanya, agar kelak yang saya pelajari tidak rapuh.

Lalu bagaimana caranya? Bagaimana saya bisa membangun kepercayaan diri saya? Pertanyaan seperti itu muncul di awal. Jawabannya mudah (walaupun untuk mengetahuinya perlu waktu yang cukup lama hehe) : saya harus tahu siapa saya terlebih dahulu, saya harus tahu potensi apa yang saya punya, saya harus tahu saya mau kemana nantinya, dan yang terakhir SAYA HARUS BANGGA dengan apa yang saya punya saat ini. Poin yang terakhir merubah segalanya, saya menjadi pribadi yang sangat berbeda sejak saat itu. Ya, sekarang saya bangga dengan apa yang saya punya, apa yang sudah diberikan kepada saya sebagai seorang manusia.

Tetapi apakah hasil pergumulan saya ini bisa dipakai oleh orang lain? Tentu saja. Orang tua anda bangga pada anda dan anda seketika menjadi lebih percaya diri. Nah itu orang tua anda, coba bayangkan kalau yang bangga itu anda sendiri. Anda bangga menjadi ANDA.

Cobalah…

Tagged: , , , ,

§ 2 Responses to Membangun Kepercayaan Diri

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Membangun Kepercayaan Diri at Sumo Aji.

meta

